Senin, 26 Oktober 2015

5 Bisnis Sampingan ini Sangat Cocok untuk Anda yang Menjadi Seorang Guru



Apakah Anda berprofesi seorang guru? Memiliki profesi sebagai seorang guru tentu amat membahagiakan. Karena lewat profesi Anda ini, Anda bisa membagikan ilmu kepada murid Anda dengan mengajar, mengarahkan hingga membimbing. Akan tetapi lelahnya kegiatan mengajar ini banyak yang tidak sebanding dengan gaji yang diberikan, apalagi untuk seorang guru honorer. Menjadi seorang guru, tentu bukan menjadi sebuah penghalang jika Anda ingin membangun bisnis sampingan. Masih bingung dengan bisnis apa yang ingin Anda lakukan? Berikut 5 bisnis yang bisa Anda jalankan.

Bisnis yang pertama ialah menjual barang ke koperasi sekolah. Setiap sekolah pasti memiliki sebuah koperasi sekolah, sekolah yang Anda ajar pasti juga memiliki koperasi ini bukan? koperasi ini seringnya di kelola oleh pihak sekolah. Pastikan Anda melihat koperasi ini menjadi sebuah peluang bisnis, yang dimaksudkan di sini Anda tidak perlu membuka koperasi baru, namun Anda menjadi penyetok kebutuhan barang yang berada di koperasi. Cari kebutuhan yang banyak di perlukan oleh siswa namun tidak ada di dalam koperasi tersebut. Barang-barang ini bisa seperti kain seragam, aksesoris komputer hingga alat tulis.

Karyawan harus punya bisnis sampingan
Gaji sebagai karyawan saja tak cukup, harus punya bisnis sampingan


Bisnis lainnya bisa seperti membuka les. Anda yang berprofesi seorang guru, pastilah terbiasa dengan banyak kegiatan belajar mengajar. Sangat beruntung apabila Anda menguasai banyak mata pelajaran, karena Anda bisa membuka les yang lebih dari satu mapel. Usaha yang satu ini bisa dilakukan di rumah Anda dengan memanfaatkan ruang tamu atau halaman depan. Bila Anda mempunyai ruangan yang cukup luas, Anda bisa menampung lebih banyak murid untuk belajar. Jika memiliki keterbatasan dalam hal tempat, Anda dapat memanfaatkan rumah sang murid. Biasanya pekerjaan ini hanya dilakukan 1 hingga 2 jam, dan nominal gajinya pun jauh lebih besar.

Ada juga bisnis kuliner. Apabila Anda mempunyai hobi atau tertarik di bidang kuliner, mengapa Anda tidak menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan Anda? Anda dapat membuka usaha kuliner entah usaha katering atau pun membuat roti untuk pemesanan. Usaha yang satu ini dapat Anda lakukan di rumah serta dikerjakan setelah Anda selesai melakukan kegiatan mengajar. Anda dapat menawarkan jasa konsumsi ke sekolah atau ke sekolah lain, karena seorang guru biasanya mempunyai relasi yang lebih banyak.

Keempat ialah bisnis MLM yang dijalankan dengan cara online. Bisnis MLM memang bisnis yang layak untuk di perhitungkan jika Anda menjadi seorang guru. Mengapa bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan bila Anda menjalankan MLM dengan cara offline, ini akan bisa menyita waktu Anda. Berbeda dengan cara online yang bisa Anda lakukan di manapun. Dengan cara online nantinya Anda juga bisa menjangkau banyak orang dan di kerjakan saat waktu luang. Salah satu MLM seperti produk-produk kecantikan atau produk perawatan untuk pria dan wanita. Usaha ini akan jauh menggiurkan bahkan penghasilannya bisa melebihi gaji Anda.


Bisnis sampingan yang terakhir ialah berbisnis online. Bisnis online bisa Anda kerjakan dimanapun. Namun terlebih dahulu Anda harus menentukan usaha apa yang nanti akan Anda jalankan. Untuk usaha online, Anda bisa menjadi seorang troopship dan reseller, bila memiliki kemampuan di bidang seperti teknologi, Anda bisa mencoba jasa pembuatan website, jasa SEO, jasa adwords, hingga marketing melalui sosial media. Harus Anda ingat, karena profesi utama adalah seorang guru, jangan sampai Anda kurang tepat untuk mengatur waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar